Bumi Cinta

17 Feb

Bumi Cinta.
Salah satu novel inspiratif karangan Habibburahman El Shirazy. Penuh wawasan tentang agama, Tuhan, Islam, dan sejarah dunia. Ya itulah novel Bumi Cinta ini.

Bumi Cinta.
Di akhir cerita akan paham mengapa novel ini dinamakan Bumi Cinta. Bumi Cinta ya bumi yang di dalamnya Allah dijunjung tinggi dan hati-hati manusia diikat oleh tali tauhid yang indah menyejukan. Dan tidak ada bumi cinta yang lebih indah dari surganya ya Allah Ta’ala. Surga, bumi cinta Allah, bumi cinta yang sesungguhnya dan yang sejati, yang Allah sediakan bagi hamba-hambaNya yang beriman dan beramal saleh.

Bumi Cinta.
Dikisahkan mengenai seorang pemuda Islam Indonesia bernama Muhammad Ayyas, akrab dengan panggilan Ayyas yang sedang melakukan penelitian untuk thesisnya di Rusia. Ayyas merupakan murid santri pesantren ketika di Indonesia dan kuliah di Madinah, Arab, kemudian melanjutkan S2 nya di India. Ayyas merupakan pemuda yang senantiasa menjaga imannya dan ketaqwaannya kepada Allah SWT. Namun, keimannya pun diuji begitu berat ketika di Rusia. Ia harus mampu menahan nafsunya dari nonik-nonik Rusia nan cantik jelita bak bidadari surga. Terlebih Rusia yang sudah terkenal dengan free sex nya.

Yelena, seorang pelacur kelas atas, yang merupakan teman se-apartemen Ayyas, yang sudah pernah menganut beberapa agama dan memilih untuk tidak percaya adanya Tuhan. Baginya, Tuhan merupakan ilusi manusia belaka. Ia memilih hidup bebas dan melayani nafsunya. Namun, ia pun merasakan kekosongan jiwa. Hingga ada suatu kejadian dimana ia diambang antara hidup dan mati, dimana ia merasa detik-detik kematian sudah menantinya dan ia tak tahu harus meminta tolong kepada siapa, namun hati nurani kecilnya menyebut Tuhan untuk meminta pertolongan. Dan mukjizat pun datang kepadanya. Allah tidak tidur dan Allah maha Penyayang. Kepada hamba yg durhaka kepadaNya pun Allah masih memberikan kasih sayangNya dan pertolonganNya. Subhanallah. Hingga di akhir cerita Yelena pun bertobat dan memilih menjadi muslimah sebagai jalan hidupnya.

Linor, seorang agen zionis Yahudi, yang juga merupakan teman se-apartemen Ayyas. Ia sangat bangga dengan dirinya yang yahudi kental. Sudah banyak jiwa menjadi korban pembunuhannya dalam aksi zionis Yahudi. Ayyas pun dijebak olehNya agar ayyas dianggap sebagai teroris dan dunia akan melihat Islam sebagai kaum yang patut diperangi dan dibenci. Hingga suatu saat Linor mengetahui bahwa dirinya bukanlah Yahudi tulen, melainkan ia merupakan keturunan Palestina dan nama aslinya ialah Sofia. Terjadi pergelonjakan hati dimana selama ini banyak orang Palestina yang ia bunuh dan ia sendiri ternyata keturunan Palestina, sama saja ia membunuh saudaranya. Ia pun memutuskan untuk mempelajari Islam dan setelah ia yakin ia pun keluar dari agen zionis Yahudi dan bulat membaca dua kalimat syahadat. Ia pun ingin menjalankan amanah ibu kandungnya dalam mimpinya untuk menikah dengan seorang seperti nabi Yusuf dan ia merasa Ayyas-lah pria itu. Apakah Linor menikah dengan Ayyas pada akhirnya?

Bumi Cinta.
Terkandung banyak pesan dan ajaran Islami, kita pun diajak untuk mengetahui bagaimana pandangan dunia terhadap Islam. Sejarah mengenai Rusia dan komunisnya pun tergambar dalam novel ini.

Bumi Cinta.
Semoga kita semua mendapatkan bumi cinta-Nya yang sesungguhnya nan abadi. Amiiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: