Tahukah Kalian Tentang Google Inc.?

11 Oct

Siapa yang tak tahu google? Siapa yang belum pernah menggunakan google? Tentu hampir seluruh penduduk dunia tahu dan pernah menggunakan google.

Google Inc., sebuah perusahaan publik Amerika Serikat yang berperan dalam pencarian Internet, Cloud Computing, serta teknologi iklan online & perangkat lunak yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford. Sejak awal, misi dari perusahaan ini adalah “To organize world’s Information and make it universally accessible and useful” (Untuk mengatur seluruh informasi di dunia dan membuatnya bisa diakses dan berguna bagi semua orang).

Google Inc., perusahaan inovatif ini telah menciptakan banyak teknologi yang sudah terkenal di kalangan masyarakat dunia. Perusahaan ini menawarkan perangkat lunak produktivitas online diantaranya email, paket aplikasi perkantoran, dan situs jejaring sosial. Produk Google juga diperluas ke komputer pribadi, dengan aplikasi untuk menjelajah web, mengatur & menyunting foto, and pesan instan. Chrombook juga merupakan salah satu inovasi dari perusahaan ini,  yang merupakan Google Chrome OS sistem operasi berbasis web, yang ditemukan pada netbook khusus. Google juga memimpin perkembangan dari Android dan sistem operasi mobile.

Google Inc., perusahaan inovatif yang telah menciptakan produk layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat, termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis. Dalam dunia periklanan Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik. Dalam aplikasi web, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan, baru kemudian Yahoo dan Live Search. Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi pencarian web pada layanan pencarian lainnya, termasuk pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya. Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel.  Perusahaan ini juga meluncurkan Google Video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik. Google menawarkan pengembalian uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk sendiri.

Google Inc., perusahaan yang tidak henti melakukan inovasi terhadap produknya. Berlanjut Google juga telah membuat beberapa aplikasi desktop, termasuk Google Earth, sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail. Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas. Selain itu, Google juga membuat layanan Google SMS yang diluncurkan di India dan membolehkan pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim pesan singkat. Inovasi lainnya adalah Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis.

Google Inc., perusahaan inovatif yang tidak sekedar dalam produknya namun juga dalam model bisnis untuk memasarkan produknya. Google membangun ekosistem di semua sektor. Selain itu, Google membuat sistem freemium, artinya gratis. Dengan sistem ekosistem, google dapat membuat macam-macam. Di samping itu, pada dasarnya Google mempunyai tiga segmen pelanggan dengan tiga value yang ditawarkan, yaitu:

  • Pertama,  pengguna mesin pencari internet yang menginginkan layanan pencarian yang canggih.
  • Kedua, Pemilik content seperti para blogger atau pemilik website yang menginginkan content-nya bisa menghasilkan uang
  • Ketiga, adalah pengiklan yang menginginkan iklannya dapat tampil di blog atau website

Ketiga customer segmen Google ini meskipun punya keinginan yang berbeda namun sebenarnya saling terkait yaitu Google menyediakan mesin pencari yang canggih sehingga pengguna internet yang menggunakan layanan semakin banyak. Para pemilik website yang ingin segera terkenal maka tak segan membayar iklan Adsense, makin terkenal dia maka saatnyalah dia juga bisa menghasilkan uang dengan menyediakan sedikit space di web atau blognya untuk dipasang iklan adsense. Akhirnya semua senang dan menghasilkan uang.

Google Inc., perusahaan yang tak hentinya melakukan inovasi. Dan dari saya pribadi memprediksi salah satu produk yang akan diciptakan adalah aplikasi chat google seperti skype, tidak hanya chat biasa seperti produknya yang sudah ada saat ini yakni Google+. Akan tetapi, Google juga harus tetap memperhatikan pesaing-pesaingnya, sehingga Google harus terus menginovasi produk dalam waktu yang cepat dan inovasi sistem memasarkan produk mereka sendiri.

 

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Google

http://menghasilkanuang.net/model-bisnis-google-adsense/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: